Selasa,2 September 2014
 

Link
Login Form





Lost Password?
No account yet? Register
PERATURAN
 
Petunjuk Pelaksanaan
 
Buku Teknologi
 
KUMPULAN MATERI PENAS KE 14 TAHUN 2014

 

KUMPULAN MATERI  TEMU TEKNOLOGI DAN DIALOG NASIONAL (KLIK DISINI)


Berita
PENAS 2014: Geltek sebagai Media Diseminasi Inovasi Teknologi Pertanian
Info Aktual
Saturday, 14 June 2014
 Salah satu media yang bisa dimanfaatkan dalam upaya memperderas adopsi inovasi teknologi oleh petani dan pengguna lainnya adalah melalui Gelar  Teknologi (Geltek).

Geltek yang selalu menjadi pilar utama kegiatan PENAS untuk pertama kalinya dilakukan tahun 1971 di Cihea-Jawa Barat, dan tahun ini yang dilaksanakan di Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur , 7 – 12 Juni 2014, merupakan PENAS ke-14.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Geltek tahun ini yang terhampar pada lahan seluar 25,5 hektar milik petani dari Desa Tegalsari dan Kedung Pendaringan, dengan tema ‘Pertanian Bioindustri Ramah Lingkungan’, diharapkan juga menjadi wahana yang sangat strategis dan berspektrum luas dalam upaya mempromosikan dan mendiseminakan hasil-hasil inovasi teknologi pertanian terkini kepada pengambilan kebijakan baik di tingkat pusat maupun daerah, serta kepada masyarakat luas dan sekitar 35.000  perserta sebagai pengguna langsung yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia lainnya.
 
 
 
 
Produk “Susu Pasteurisasi” pada Acara Puncak Hari Susu Nusantara
Info Aktual
Tuesday, 03 June 2014
 Peringatan hari susu nusantara yang penyelenggaraannya di pusatkan di Kota Makassar, Provinsis Sulawesi Selatan, 1 Juni 2014.   Acara puncak hari susu nusantara dilaksanakan di pelataran bugis-makassar, anjungan pantai losari, Kota Makassar diawali dengan fun walk yang  diikuti sekitar 1000 peserta dari berbagai Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Selatan bersama Menteri Pertanian Dr. Ir. Suswono dan Wakil Menteri Pertanian Dr. Rusman Heriawan, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Walikota dan Wakil Walikota Makassar, dan pejabat  di  jajaran Kementerian Pertanian antara lain Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan dan Litbang Pertanian, Asosial Persusuan Indonesia.
 
Hari Susu Nusantara tahun ini mengangkat tema "Meningkatkan Produksi Susu Segar dalam Negeri, Menunjang Ketahanan Pangan dan Kualitas Manusia Indonesia". Sementara itu, Sekretaris Ditjen P2HP Kementerian Pertanian Yazid Taufik mengatakan, pemilihan Makassar sebagai tuan rumah, karena Sulawesi Selatan merupakan sentra produksi susu di luar jawa.  
Berita lengkap ...
 
Kerja Sama PT Petrokimia Gresik dengan BPTP NTB dalam Pengujian Efektivitas Pupuk
Info Aktual
Sunday, 01 June 2014

 Keberhasilan produksi pertanian tidak terlepas dari kontribusi peranan sarana pertanian, antara lain pupuk. Pentingnya peranan pupuk untuk peningkatan produktivitas dan mutu hasil komoditas pertanian, menjadikan pupuk sebagai sarana produksi pertanian yang strategis. Untuk itu, penyediaan pupuk di tingkat petani diupayakan dapat memenuhi azas 6 (enam) Tepat, yaitu : Waktu, Jumlah, Jenis, Tempat, Mutu dan Harga, sehingga petani dapat menggunakan pupuk sesuai dengan teknologi pemupukan secara rasional dan berimbang.

PT Petrokimia Gresik  merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara yang berkomitmen untuk menghasilkan  pupuk  bermutu untuk menjamin mutu dan efektivitas pupuk yang dihasilkan, telah dilaksanakan kerjasama dengan BPTP NTB dalam  Pengujian Efektivitas Pupuk NPK Phonska Plus Zn pada tanaman padi di lahan sawah irigasi teknis di Desa Batu Kumbung, Kec Lingsar Lombok Barat.

Berita lengkap ...
 
Visitor Plot: Wahana Pengembangan Jejaring dan Penguatan Diseminasi Inovasi Pertanian
Info Aktual
Sunday, 01 June 2014

 BPTP Jawa Tengah senantiasa berusaha mewujudkan misinya, yang salah satunya adalah menghasilkan dan mendiseminasikan inovasi pertanian spesifik lokasi sesuai kebutuhan pengguna dan pasar serta mengembangkan jejaring kerjasama tingkat regional, nasional dan internasional dalam rangka penguatan iptek guna mendukung pembangunan pertanian wilayah.

Visitor plot merupakan salah satu ajang untuk mengembangkan jejaring dan perluasan kegiatan diseminasi inovasi teknologi pertanian hasil Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian dan pengenalan kultivar serta varietas lokal Jawa Tengah kepada masyarakat dan anak sekolah. Salah satu agendanya yaitu kunjungan lapang pada 28 Mei 2014 yang diikuti oleh 38 Siswa kelas IV-VI dan Guru Sekolah Dasar Alam Ungaran dari Yayasan Sekolah Alam Ungaran.

Berita lengkap ...
 
BPTP Sumbar Membuat Biogas Murah di Pasaman Barat
Info Aktual
Tuesday, 27 May 2014
BPTP Sumatera Barat membuat biogas murah sekitar Rp. 400.000,- per unit pada pelatihan pembuatan biogas di Jorong Mahakarya, Nagari Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Duo, Pasaman Barat, Rabu (21/05/2014).

Menurut Supriyadi dari BPTP Sumbar dengan membuat biogas peternak akan mendapatkan empat manfaat sekaligus yaitu; terbebas dari bau limbah, menghasilkan biogas, menghasilkan pupuk kompos, dan menghasilkan cair. Biogas dapat dimanfaatkan untuk memasak, penerangan dan listrik. Limbah pembuatan (slury) selain dapat dijadikan pupuk cair dan kompos juga dapat di jadikan untuk pakan lele atau pupuk kolam ikan.

Biogas murah ini dibuat dari plastik PE (poly etilen) dengan ketebalan 0,2 sebagai digester dan penampung gasnya. Digester biogas ini dapat menampung 2,7 m3. Biogas yang terbentuk disalurkan menggunakan pipa ½ inchi. Untuk mengatasi resiko ledakan dipasang pengaman sekaligus sebagai water trap/penjebak uap air. Untuk menampung gas menggunakan plastik PE dengan ketebalan 0,20 dengan kapasitas tampung 1,2 m3. Bahan baku biogas ini adalah kotoran sapi dicampur dengan kotor sapi dengan perbandingan 1:1 tergantung kadar air kotoran sapi.
 
 
Aplikasi Mendeley: Mempermudah penelusuran artikel ilmiah
Info Aktual
Sunday, 25 May 2014
 Bertempat di BBP2TP para tanggal 23 Mei 2014 diselenggarakan sosialisasi penggunaan aplikasi/software Mendelay bagi para peneliti dan penyuluh BBP2TP.  Kegiatan ini dipandu oleh narasumber dari Pusat Perpustakaan dan Penyeberan Teknologi Pertanian yaitu Ir. Eka Kusmayadi, MHum, Vivit Wardah SSi, MHum, dan Ir. Jusnia Andriani, MHum.
 
Kegiatan ini diselenggarakan untuk memberikan penyegaran kepada para peneliti dan penyuluh di BBP2TP dalam mengakses artikel ilmiah untuk mendukung penulisan karya tulis ilmiah yang berkualitas dan membuat proposal yang baik.  Kerena sebenarnya secara online saat ini sebenarnya cukup banyak tersedia artikel-artikel ilmiah yang dapar diakses, sementara banyak peneliti dan penyuluh belum memanfaatkan karena belum tahu cara mengaksesnya. 

Berita lengkap ...
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Results 22 - 28 of 353

Jejak Pendapat
Bagaimana Pendapat anda tentang Website ini?
 

Image
 
GANDARIA
 
Highlight
orasi
Serba Serbi KRPL
Alsintan
JPPTP
Produk
UPBS
Agenda Kegiatan
« < September 2014 > »
S M T W T F S
31 1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 1 2 3 4
Jumlah Pengunjung
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday4485
mod_vvisit_counterYesterday4424
mod_vvisit_counterThis week8909
mod_vvisit_counterThis month8909
mod_vvisit_counterAll2198113

Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) ©2009
Jl. Tentara Pelajar No. 10 Bogor 16114 Indonesia
Telp. (0251) 8351277 Fax. (0251) 8350928 E-mail: bbp2tp@litbang.deptan.go.id