Minggu,20 April 2014
 

Link
Login Form





Lost Password?
No account yet? Register
PERATURAN
 
Petunjuk Pelaksanaan
 
Buku Teknologi
 
Pedoman Pengukuran Indek Kepuasan Masyarakat Di Lingkungan Kementerian Pertanian

 

 PERATURAN MENTERI PERTANIAN NOMOR 78/Permentan/OT.140/8/2013

LANGKAH OPERASIONAL SISTEM PENGENDALIAN INTERN LINGKUP BBP2TP

 

FILE LANGKAH PENGENDALIAN INTERN 

PENGUMUMAN KKP3SL 2014

 

PENGUMUMAN HASIL EVALUASI  KKP3SL

Berita
Raker Lingkup BBP2TP 2014
Info Aktual
Sunday, 26 January 2014
 Kepala Badan Litbang Pertanian yang diwakili Kepala Puslitbangtan Prof. Dr. Hasil Sembiring, pada pembukaan Raker Lingkup Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP)   di IPB International Convention Center, mengarahkan bahwa Raker BBP2TP dilakukan sebagai sarana evaluasi dan refokusing kegiatan untuk pencapaian sasaran produksi tujuh komoditas utama.  Output yang diharapkan adalahrumusan strategi dan langkah-langkah peningkatan efektivitas dukungan Badan Litbang, dalam meningkatkan “impact recognition”, khususnya untuk mendukung tercapainya sasaran produksi tujuh komoditas utama yaitu padi, jagung, kedelai, daging sapi/kerbau, tebu, cabai,  dan bawang merah.  Selain itu, Raker juga dapat dijadikan sebagai media untuk merumuskan sinergi berbagai upaya dan rencana aksi yang segera dilakukan agar gerak langkah BBP2TP sejalan dalam upaya Badan Litbang Pertanian mendukung kegiatan-kegiatan strategis Kementan
Berita lengkap ...
 
Teknologi Aquaponik Mendukung Ketersediaan Pangan di Perkotaan
Lain-lain
Monday, 03 February 2014
Semakin meningkatnya antusiasme masyarakat di perkotaan terhadap KRPL, menjadi suatu pemicu munculnya teknologi baru yang lebih solutif dan menarik untuk lebih memanfaatkan pekarangan secara optimal. Aquaponik merupakan teknologi yang sangat bermanfaat dan mudah diterapkan untuk mewujudkan integrasi sayuran dan ikan air tawar di lahan pekarangan sempit.
Berita lengkap ...
 
“Geliat Bioindustri dari KP: Bioenergy berbasis Sumberdaya Lokal”
Lain-lain
Monday, 03 February 2014

 Dalam 5 tahun terakhir, Badan Litbang pertanian telah menanamkan investasi yang besar untuk pengembangan KP dan Laboratorium berupa Sarpras, serta investasi untuk peningkatan kapasitas SDM dalam bentuk beastudi ke berbagai perguruan tinggi dalam dan luar negeri untuk program Master dan Doktoral. Hal ini sebagai bentuk perwujudan komitmen Badan Litbang Pertanian  penelitian pertanian di Indonesia. Investasi sarpras di Kebun Percobaan salah satunya untuk mendukung penelitian dan pengembangan bioindustri. Saatnya hasil pertanian Indonesia tidak hanya dikenal dalam bentuk raw material, namun dapat dirasakan pula nilai tambahnya sebagai indutrial products.

Biodiesel sebagai salah satu produk bioindustri merupakan salah satu produk unggulan di KP Pakuwon (Sukabumi) dan KP Manoko (Lembang), Jawa Barat. Sumber biodiesel adalah berbagai tanaman lokal seperti nyamplung, biji karet, kemiri sunan dan sayur, dan jarak pagar telah dikembangkan dengan menggunakan bioreaktor di KP Pakuwon, penggunaan bioreaktor menyebabkan proses esterifikasi yang semula dilakukan secara kimiawi dapat diganti dengan proses mekanik. Model pengembangan biodiesel yang ditawarkan dari KP Manoko juga tidak kalah menarik, dimana konsep integrasi sereh wangi-ternak sapi dapat diterapkan sehingga menghasilkan dua jenis bioenergy yaitu biodiesel sereh wangi dan biogas dari kotoran sapi. Rendemen biodiesel dari berbagai tanaman tersebut bervariasi, diantaranya sangat potensial, misalnya kemiri sunan dengan rendemen hingga 88% (dari kernel).

 

Berita lengkap ...
 
Aplikasi Dinamika Sistem untuk Merumuskan Kebijakan Pertanian
Info Aktual
Monday, 27 January 2014
 Guna mencapai target pembangunan pertanian 2014 dan pada tahun mendatang, kebijakan dan perencanaan pembangunan rasional perlu disusun secara komprehensif, integratif, sistematik, dan yang dapat dikuantifikasikan dengan mempertimbangkan kondisi lingkungan strategis baik global, regional, dan kondisi lingkungan strategis nasional. Menindaklanjuti upaya tersebut, Kementerian Pertanian melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian telah mencoba menyusun inisiatif kebijakan pembangunan pertanian melalui aplikasi dinamika sistem. Demikian dikemukakan oleh Kepala Badan Litbang Pertanian Dr. Haryono, MSc. pada acara pembukaan Workshop Nasional Inisiatif Kebijakan untuk Kejayaan Pertanian Indonesia di Hotel Le Meridien, Jakarta, 25 Januari 2014. Workshop Nasional ini dibuka oleh Menteri Pertanian, dan dikuti oleh Wakil Menteri Pertanian, Deputi UKP- PPP, Staf Khusus Presiden Bidang Pangan dan Energi, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Pertanian, para Kepala BPTP, Perwakilan dari Kementerian PU, BUMN, ESDM, serta Bappenas, Perguruan Tinggi, serta Peneliti/Penyuluh/Perekayasa dan Staf Kementerian Pertanian. 
Berita lengkap ...
 
Kembangkan Usahatani Berbasis Tebu di Pamekasan
Info Aktual
Thursday, 23 January 2014

 Tebu merupakan salah satu komoditas strategis utama yang telah  diprogramkan pemerintah untuk dikembangkan dalam rangka pencapaian swasembada gula.  Sebagai upaya meningkatkan produksi gula, Pemda Kabupaten Pamekasan tergerak untuk turut serta mengembangkan program tersebut  yang tentunya perlu dukungan penerapan teknologi yang tepat. 

Berkenaan dengan hal tersebut, pada tanggal 22 Januari 2014 bertempat di Aula Badan Litbang Pertanian, dilaksanakan  penandatanganan naskah Nota Kesepahaman antara Kepala Balai Basar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian Dr. Agung Hendriadi, M.Eng, dan Bupati Pamekasan Drs. Achmad Syafi’i, M.Si dengan disaksikan Kepala Badan Litbang Pertanian.

Mendukung upaya peningkatan produksi gula, Badan Litbang Pertanian memprogramkan kegiatan Percepatan Penerapan Teknologi Tebu Terpadu (P2T3) dengan fokus kegitan pada perbaikan sistem produksi tebu rakyat, dan pendampingan teknologi. Pelaksanaan program P2T3 di daerah dikoordinasikan oleh BPTP masing-masing lokasi.

Berita lengkap ...
 
Penghargaan Bukan Hasil Akhir
Info Aktual
Friday, 10 January 2014

 Beberapa waktu yang lalu, Kementerian Pertanian telah melakukan penilaian atas pelaksanaan Sistem Pengendalian Intern (SPI) dan beberapa unsur pelaksanaan manajemen pengelolaan kegiatan yang berkaitan dengan penilaian Wilayah Bebas Korupsi (WBK), dan Sertifikasi ISO kepada Unit Kerja/Unit Pelaksana Teknis (UK/UPT) yang berada di bawahnya, termasuk kepada Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP, dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) di setiap provinsi. Hasil dari penilaian tersebut  pada akhirnya antara lain keluarlah penghargaan untuk SPI terdapat beberapa tingkatan penghargaan, yaitu Sangat Andal (Emas), Andal (Perak), Cukup Andal (Perunggu) dan Kurang Andal. Sedangkan untuk WBK dikenal dengan Penghargaan WBK, dan untuk Standardisasi dikenal dengan Sertifikat ISO yang sebagian besar untuk ISO 9001:2008..

Daftar perolehan Penghargaan di Lingkup BBP2TP Tahun 2013 adalah sebagai berikut: (1) BBP2TP memperoleh SPI Sangat Andal (Emas), WBK dan ISO; (2) Sebanyak 16 BPTP memperoleh SPI Sangat Andal (Emas), ISO dan WBK; (3) Sebanyak 12 BPTP yang mendapat SPI Andal (Perak), ISO dan WBK; (4) Sisanya mendapat SPI Andal (Perak) dan Cukup Andal (Perunggu), dan belum lengkap dengan ISO dan WBK nya. Informasi perolehan penghargaan dapat dilihat dalam Tabel.

Berita lengkap ...
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Results 22 - 28 of 320

Jejak Pendapat
Bagaimana Pendapat anda tentang Website ini?
 

Image
 
GANDARIA
 
Highlight
Produk
UPBS
Serba Serbi KRPL
featy
orasi
Keberhasilan FEATI
Alsintan
Agenda Kegiatan
« < April 2014 > »
S M T W T F S
30 31 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 1 2 3
Jumlah Pengunjung
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday
mod_vvisit_counterYesterday
mod_vvisit_counterThis week
mod_vvisit_counterThis month
mod_vvisit_counterAll1

Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) ©2009
Jl. Tentara Pelajar No. 10 Bogor 16114 Indonesia
Telp. (0251) 8351277 Fax. (0251) 8350928 E-mail: bbp2tp@litbang.deptan.go.id