Kamis,2 Oktober 2014
 

Link
Login Form





Lost Password?
No account yet? Register
PERATURAN
 
Petunjuk Pelaksanaan
 
Buku Teknologi
 
KUMPULAN MATERI PENAS KE 14 TAHUN 2014

 

KUMPULAN MATERI  TEMU TEKNOLOGI DAN DIALOG NASIONAL (KLIK DISINI)


Berita
CPNS 2014 Mendapat Pencerahan KRPL
Info Aktual
Tuesday, 24 June 2014
 Kegiatan KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) yang sudah berjalan selama lebih dari 3 tahun terakhir ini masih perlu disosialisasikan pengembangannya agar konsep KRPL yang sudah dibangun dan sudah terbentuk tersebut dapat tetap berlanjut dan lestari.

Pada Selasa 24 Juni 2014 di Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) – Bogor diadakan acara kegiatan sosialisasi kegiatan KRPL oleh Tim KRPL di BBP2TP kepada para CPNS baru 2014 yang akan ditempatkan di beberapa BPTP di Provinsi.
Acara tersebut dihadiri oleh PJ KRPL BBP2TP, Koordinator penanggungjawab KRPL per Pulau dan 30 orang CPNS.

Kegiatan ini bertujuan memperkenalkan KRPL kepada CPNS agar mereka mengetahui beberapa hal penting dari KRPL seperti pengertian KRPL, awal dibentuknya dan konsep KRPL yang meliputi tujuan, prinsip, pendekatan dan tipe model budidaya dalam pekarangan (strata) dalam KRPL. Salah satu pemaparan yang disampaikan oleh Ir. Maesti Mardiharini, MSi dalam pertemuan tersebut bahwa Prinsip KRPL yang perlu diketahui oleh CPNS antara lain: (1) Ketahanan dan kemandirian pangan rumahtangga, (2) Diversifikasi pangan berbasis sumber daya lokal, (3) Konservasi sumber daya genetik, (4) Peningkatan kesejahteraan rumah tangga dan masyarakat, (4) Pendidikan dan pelatihan, (5) Kesehatan dan gizi masyarakat, (6) Modal dan pasar, dan (7) Antisipasi perubahan Iklim.
Berita lengkap ...
 
Gelar Teknologi Balitbangtan: Wahana Menambah Wawasan Anak Bangsa untuk Cinta Pertanian Indonesia
Info Aktual
Sunday, 15 June 2014
 Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) pada PENAS XIV tahun 2014 kali ini secara aktif telah melibatkan kalangan akademisi. Sebanyak  50 mahasiswa dari Universitas Brawijaya selama tiga hari telah secara aktiff dilibatkan sebagai infoguide pendamping peneliti di area gelar teknologi. Selain itu 71 mahasiswa perwakilan BEM dari Fakultas Pertanian dan Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian di hampir seluruh provinsi di Indonesia yang dihadirkan dalam Dialog Nasional Pembangunan Pertanian Indonesia Masa Depan juga telah mengunjungi area gelar teknologi PENAS di Kepanjen, Malang.
 
Setelah diterima secara resmi oleh Kepala Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA), Ir. Gayatri K. Rana, MSc. di Saung Agroinovasi Balitbangtan, para mahasiswa BEM peserta dialog didampingi mahasiswa dari UNIBRAW  berkeliling mengunjungi area gelar teknologi.  Tidak henti-hentinya para mahasiswa takjub dan sangat tertarik dengan teknologi pertanian hasil karya para peneliti dan teknisi Balitbangtan yang digelarkan di setiap jengkal lahan area gelar teknologi pada PENAS 2014. Di sekitar saung agroinovasi saja telah terhampar tanaman jeruk dengan beragam varietas yang dikembangkan oleh para peneliti dari Balai Penelitian Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro), Balitangtan dengan buahnya yang menguning dan siap dipetik.

Berita lengkap ...
 
Mentan menyapa Mahasiswa BEM dalam Dialog Nasional Pembangunan Pertanian Indonesia Masa Depan
Info Aktual
Saturday, 14 June 2014
 Mendukung upaya penyebarluasan inovasi pertanian kepada pengguna, khususnya bagi generasi muda, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian dalam rangkaian PENAS Petani dan Nelayan tahun 2014 menyelenggarakan dialog nasional  Pembangunan Pertanian Indonesia Masa Depan dengan tema: “Membangkitkan Kepedulian dan Peran Generasi Muda dalam Membangun Pertanian Indonesia untuk Mewujudkan Kesejahteraan Petani - Nelayan”.
 
Para peserta tampak antusias mengikuti dialog apalagi saat disapa oleh Bapak Menteri Pertanian Dr Suswono yang didampingi oleh Bapak Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian  Dr. Haryono, MSc.  Mentan menyatakan bahwa wajah pertanian Indonesia masa depan bergantung pada para generasi muda.  Sedangkan Ka Balitbangtan menyampaikan bahwa  para mahasiswa perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari Perguruan Tinggi/Universitas dan mahasiswa dari Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian di hampir seluruh provinsi di Indonesia dihadirkan oleh Balitbangtan sebagai peserta dialog nasional agar mengenal lebih dekat inovasi pertanian. 
Berita lengkap ...
 
Seputar Penas :Teknologi Balitbangtan diminati Penyuluh dan Petani
Info Aktual
Saturday, 14 June 2014
 Sesuai dengan tema Penas 2014, yaitu “Memantapkan Kepemimpinan dan Kemandirian Kontak Tani-Nelayan dalam rangka Pengembangan Kemitraan dan Jejaring Usahatani guna Mewujudkan Kesejahteraan Petani-Nelayan”, para KTNA begitu bersemangat mengikuti Temu Teknologi dengan topik pertanian bioindustri ramah lingkungan yang diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbnagtan).   

Tidak kurang dari 500 orang peserta yang terdiri atas para Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) dan penyuluh mengikuti acara tersebut. Mereka begitu bersemangat mengikuti dan menyimak satu persatu materi inovasi teknologi pertanian yang disampaikan oleh para peneliti sebagai nara sumber.

Hal ini nampak dari antusiasme petani dan penyuluh untuk berdialog seputar teknologi yang dibahas dalam diskusi. Suasana menjadi lebih semarak lagi dengan kehadiran Prof. Kusumo Diwyanto yang secara atraktif telah memandu jalannya acara dengan sangat baik.
Berita lengkap ...
 
MoU Kementan dengan Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara
Info Aktual
Saturday, 14 June 2014
 Sebagai upaya memperkuat ketahanan pangan keluarga dan pelestarian lingkungan hidup, pada hari ini Jumat, 13 Juni 2014, dilaksanakan penandatangan nota kesepahaman antara Kementerian Pertanian dan Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara (GPTP), tentang Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan dan Perdesaan melalui Diversifikasi Pangan dalam Pertanian Keluarga, dan Pelestarian Lingkungan Hidup.

Ruang lingkup nota kesepahaman tersebut meliputi pemberdayaan masyarakat perkotaan dan perdesaan khususnya bagi kaum perempuan dalam gerakan pemberdayaan masyarakat perkotaan dan perdesaan melalui diversifikasi pangan dalam pertanian keluarga, dan pelestarian lingkungan hidup.


Berita lengkap ...
 
PENAS 2014: Geltek sebagai Media Diseminasi Inovasi Teknologi Pertanian
Info Aktual
Saturday, 14 June 2014
 Salah satu media yang bisa dimanfaatkan dalam upaya memperderas adopsi inovasi teknologi oleh petani dan pengguna lainnya adalah melalui Gelar  Teknologi (Geltek).

Geltek yang selalu menjadi pilar utama kegiatan PENAS untuk pertama kalinya dilakukan tahun 1971 di Cihea-Jawa Barat, dan tahun ini yang dilaksanakan di Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur , 7 – 12 Juni 2014, merupakan PENAS ke-14.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Geltek tahun ini yang terhampar pada lahan seluar 25,5 hektar milik petani dari Desa Tegalsari dan Kedung Pendaringan, dengan tema ‘Pertanian Bioindustri Ramah Lingkungan’, diharapkan juga menjadi wahana yang sangat strategis dan berspektrum luas dalam upaya mempromosikan dan mendiseminakan hasil-hasil inovasi teknologi pertanian terkini kepada pengambilan kebijakan baik di tingkat pusat maupun daerah, serta kepada masyarakat luas dan sekitar 35.000  perserta sebagai pengguna langsung yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia lainnya.
 
 
 
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Results 22 - 28 of 358

Jejak Pendapat
Bagaimana Pendapat anda tentang Website ini?
 

Image
 
GANDARIA
 
Highlight
JPPTP
Alsintan
Serba Serbi KRPL
UPBS
Produk
orasi
Agenda Kegiatan
« < October 2014 > »
S M T W T F S
28 29 30 1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31 1
Jumlah Pengunjung
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1938
mod_vvisit_counterYesterday2456
mod_vvisit_counterThis week8853
mod_vvisit_counterThis month4394
mod_vvisit_counterAll2294066

Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) ©2009
Jl. Tentara Pelajar No. 10 Bogor 16114 Indonesia
Telp. (0251) 8351277 Fax. (0251) 8350928 E-mail: bbp2tp@litbang.deptan.go.id