Minggu,21 September 2014
 

Link
Login Form





Lost Password?
No account yet? Register
PERATURAN
 
Petunjuk Pelaksanaan
 
Buku Teknologi
 
KUMPULAN MATERI PENAS KE 14 TAHUN 2014

 

KUMPULAN MATERI  TEMU TEKNOLOGI DAN DIALOG NASIONAL (KLIK DISINI)


Berita
Panen Jagung di Lab. Lapang Model Percepatan Pembangunan Pertanian di Lahan Kering Iklim Kering
Info Aktual
Thursday, 18 September 2014

 Upaya Badan Litbang Pertanian untuk mendiseminasikan hasil-hasil penelitian dan pengkajian, serta pengembangannya secara luas terus ditingkatkan. Salah satu kegiatan yang diinisiasi Forum Komunikasi Profesor Riset (FKPR) adalah pengembangan di wilayah Lahan Sub Optimal (LSO) dan wilayah perbatasan, di 6 provinsi di Indonesia, yang dimulai akhir tahun 2012 lalu. Salah satu lokasi kegiatan FKPR tersebut adalah di Desa Mbawa Kecamatan Donggo Kabupaten Bima, NTB. Di daerah ini sedang dibangun model Percepatan Pembangunan Pertanian Lahan Kering Iklim Kering (m-P3-LKIK). Kegiatan persiapan dilakukan di akhir tahun 2012, kemudian pada tahun 2013 mulai dilaksanakan survai, PRA, pertemuan koordinasi, workshop, pembangunan dam parit, saluran irigasi, introduksi varietas unggul padi, jagung, kacang tanah, kedelai, kacang hijau, hijauan makanan ternak, manajemen pemeliharaan sapi, pembuatan kompos dan inovasi teknologi lainnya.

Kegiatan ini dilanjutkan pada tahun 2014 dengan terus memvalidasi model, inovasi teknologi baru, termasuk dengan membangun laboratorium lapang seluas 10 ha, dengan ditanami padi gogo pada musim hujan (MH), dan dilanjutkan dengan tanaman jagung dan kacang tanah. Pada hari Selasa (16/09/2014) telah dilakukan panen jagung oleh Bupati Bima, didampingi Kepala Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian, Asisten Deputi Produksi Riptek Strategis Kemenristek, Kepala BPTP NTB, disaksikan para petani, penyuluh pertanian, petugas, masyarakat setempat. Selesai panen dilanjutkan dengan tanam tugal kacang hijau di areal bekas tanaman jagung. 

Berita lengkap.. 

 
Pekan Bakti Agroinovasi di Sulawesi Tengah sebagai Ajang Penyebaran inovasi Teknologi Pertanian
Info Aktual
Thursday, 18 September 2014

 Memperingati 40 tahun Balitbangtan dan Hakteknas ke 19, BPTP Sulawesi Tengah menyelenggarakan Pekan Bakti Agroinovasi yang diselenggarakan tanggal 17-19 September 2014. Kegiatan ini mengangkat tema, “Peran Sistem Inovasi Daerah (SIDa) dalam Pengembangan Sumberdaya Lokal Mendukung Pertanian Bioindustri Berkelanjutan dan Ramah Lingkungan”. 

Kepala Balitbangtan dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kepala Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian, Ir. Gayatri K. Rana. MSc mengemukakan bahwa pembangunan pertanian ke depan diarahkan untuk kedaulatan pangan, yaitu bagaimana masyarakat memiliki kapasitas mengelola pertanian untuk kecukupan pangan, dimana penerapan inovasi teknologi menjadi kunci didalamnya. Maka disinilah peran BPTP sebagai UPT Balitbangtan di daerah, juga lembaga penelitian yang ada untuk membantu masyarakat menciptakan kemandirian pangan.
Berita lengkap ...
 
Rangkaian Pekan Bakti Agro Inovasi BPTP Jambi
Info Aktual
Monday, 15 September 2014

 Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Balitbangtan ke-40, BPTP Jambi melaksanakan Pekan Bhakti Agro Inovasi dengan tema Agro Inovasi Kreatifitas Tiada Henti untuk Kesejahteraan Petani.    Serangkaian acara dilaksanakan untuk memeriahkan Pekan Bhakti Agro Inovasi yang diselenggarakan pada tanggal 10-12 September 2014, diantaranya adalah Talk Show bertema Peningkatan Produksi Beras Nasional, Temu Teknologi, Focus Group Discussion, aneka perlombaan dan bhakti sosial.

Acara dibuka oleh Gubernur Jambi H. Hasan Basri Agus , dihadiri oleh Kepala Dinas/Badan lingkup Pertanian dan instansi di lingkungan kantor BPTP Jambi, Kepala Dinas/Badan lingkup pertanian se kabupaten/kota di Provinsi Jambi, Rektor Universitas Jambi (UNJA)  Prof. Dr. Aulia Tasma, SE., Ketua Lembaga Penelitian UNJA, sertaPenyuluh Pertanian Lapangan dari Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi  dan petani dari Kota Jambi. Hadir mewakili Kepala Balitbangtan, Kepala Pusat Penelitian Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian, Dr. Handewi Purwati Salim. Dalam sambutannya, Gubernur menyambut baik diselenggarakannya Pekan Bhakti Agro Inovasi ini sehingga masyarakat dapat melihat dan memperoleh berbagai inovasi teknologi yang telah dihasilkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Balitbangtan yang telah membantu mendorong peningkatan produksi beras di Provinsi Jambi.  Sedangkan Kepala Balitbangtan menyampaikan bahwa Balitbangtan sangat mendukung pembangunan pertanian di Provinsi Jambi melalui berbagai inovasi teknologi yang telah dikembangkan.  Acara pembukaan diakhiri dengan penyerahan benih padi 3.150 ton  (Inpari 4 label putih, Inpari 17 label putih, Inpari 30 label putih, Inpari 3 label ungu)  dan benih kedelai (Anjasmoro) sejumlah 10,9 ton dari UPBS BPTP Jambi secara simbolis dari Kepala Badan Litbang Pertanian kepada Kepala Dinas Pertanian seluruh kabupaten dan kota Provinsi Jambi.

Berita lengkap ...
 
Pameran Agro Inovasi Pertanian Mendukung Pengembangan Pertanian di Sumatera Utara
Info Aktual
Monday, 15 September 2014
 Badan Litbang Pertanian memasuki usia yang ke-40 pada 26 Agustus 2014. Selama empat puluh tahun, melalui karya-karyanya Badan litbang Pertanian turut berperan dalam pembangunan pertanian. Serangkaian kegiatan penelitian, pengkajian dan pengembangan dilakukan Badan Litbang Pertanian untuk menghasilkan inovasi.

Penciptaan varietas unggul, teknologi produksi dan sarana produksi, teknologi pascapanen, pengelolaan sumberdaya alam, kebijakan sosial ekonomi dan inovasi lainnya telah mewarnai perjalanan Badan Litbang Pertanian dalam kontribusinya menjaga ketahanan pangan, memperbaiki gizi masyarakat, meningkatkan devisa, dan memperkaya keanekaragaman pangan dan menambah nilai jual produk pertanian serta melestarikan lingkungan. Peranan teknologi telah mengubah masyarakat dari masyarakat agraria menuju masyarakat industrial.

 

Berita lengkap ...
 
Nuansa Pertanian Perkotaan Tampil pada Open House BPTP DKI Jakarta
Info Aktual
Wednesday, 27 August 2014
 Dalam rangka memperingati ulang tahun Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian yang ke-40 dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jakarta yang ke-20, BPTP Jakarta menyelenggarakan Open House dengan mengangkat tema “Pertanian Bioindustri di Perkotaan Mendukung Kemandirian dan Ketahanan Pangan”. Acara yang berlangsung selama dua hari, pada tanggal 26-27 Agustus 2014, dihadiri oleh Ibu Menteri Pertanian, Ibu Wakil Menteri Pertanian, petani/kelompok tani/gapoktan, pejabat dan staf lingkup PEMDA DKI Jakarta dan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, peneliti, petugas dan penyuluh pertanian, pelajar/mahasiswa dan masyarakat umum. 
 
Dalam laporannya pada pembukaan Open House, Kepala BPTP Jakarta, Ir. Etty Herawati M.Si menerangkan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk mendiseminasikan dan menginformasikan berbagai inovasi teknologi yang sudah dihasilkan Balitbangtan.
 
Kepala Badan Litbang Pertanian yang diwakili Kepala Pustaka, Ir. Gayatri K. Rana, M.Sc, dalam sambutannya mengemukakan bahwa penyelenggaraan Open House ini menjadi sarana untuk mempercepat penyebaran inovasi teknologi hasil pengkajian yang prospektif bagi program pengembangan pertanian, khususnya di DKI Jakarta serta dalam upaya membangun dan menjalin komunikasi yang efektif antara BPTP Jakarta, PEMDA, petani, petugas/penyuluh pertanian, masyarakat dan pelaku bisnis.

Berita lengkap ...
 
Seminar Nasional Inovasi Teknologi Pertanian dalam Rangka HUT Balitbangtan Ke 40 Tahun
Seminar/Lokakarya
Friday, 22 August 2014
Dalam rangka memperingati HUT Balitbangtan yang ke 40 tahun, Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) menyelenggarakan Seminar NasionalInovasi Teknologi SpesifikLokasiuntuk Wilayah Kalimantan bertempatdi BPTP Kalimantan Barat dengan tema“Agroinovasi Kreativitas Tiada Henti untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat dan Petani”.
Seminar Nasional di hadiri oleh para Peneliti,  Penyuluh, Akademisi, Birokrat, Pebisnis dan Petani yang mewakili 33 Proipinsi di Indonesia dengan jumlah peserta 250 orang.

Dalam sambutannya Bapak Kepala Balitbangtan Dr.Haryono memberikan arahan dan mengharapkan agar Indonesia saat ini sudah seharusnya memasuki fase innovation driven seperti negara – negara yang sudah maju misalnya Jepang, Indonesia saat ini baru mencapai fase efficiency driven sedangkan fase factor driven sudah lama kita tinggalkan. Untuk mensejahterakan masyarakat dan petani maka mau tidak mau kita  harus segera memulainya menujufase innovation driven dengan mengutamakan pembangunan infra struktur dan menciptakan inovasi – inovasi baru.
 
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Results 1 - 7 of 357

Jejak Pendapat
Bagaimana Pendapat anda tentang Website ini?
 

Image
 
GANDARIA
 
Highlight
JPPTP
Alsintan
UPBS
Produk
Serba Serbi KRPL
orasi
Agenda Kegiatan
« < September 2014 > »
S M T W T F S
31 1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 1 2 3 4
Jumlah Pengunjung
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday3170
mod_vvisit_counterYesterday3671
mod_vvisit_counterThis week28118
mod_vvisit_counterThis month83955
mod_vvisit_counterAll2273159

Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) ©2009
Jl. Tentara Pelajar No. 10 Bogor 16114 Indonesia
Telp. (0251) 8351277 Fax. (0251) 8350928 E-mail: bbp2tp@litbang.deptan.go.id