Kamis,24 April 2014
 

Link
Login Form





Lost Password?
No account yet? Register
PERATURAN
 Image
 
Petunjuk Pelaksanaan
 
Buku Teknologi
 
Pedoman Pengukuran Indek Kepuasan Masyarakat Di Lingkungan Kementerian Pertanian

 

 PERATURAN MENTERI PERTANIAN NOMOR 78/Permentan/OT.140/8/2013

LANGKAH OPERASIONAL SISTEM PENGENDALIAN INTERN LINGKUP BBP2TP

 

FILE LANGKAH PENGENDALIAN INTERN 

PENGUMUMAN KKP3SL 2014

 

PENGUMUMAN HASIL EVALUASI  KKP3SL

Berita
Sekretariat Wakil Presiden RI Bidang Pertanian dan Perikanan Kunjungi Lokasi m-P3MI Kotogadang
Lain-lain
Thursday, 17 April 2014
 Tim Sekretariat Wakil Presiden (Wapres R.I) Bidang Pertanian dan Perikanan, Endang Dwi S, Sari Tusiarlina dan Marini Sarrizki di dampingi oleh Kabid. Tanaman Pangan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Prov. Sumbar Elviana Anwar, Kadis Pertanian Kab. Solok (Ir. Iryani, MM), BPTP Sumbar (Ir. Edi Mawardi, MP) mengunjungi lokasi m-P3MI Koto Gadang Kabupaten Solok dalam rangka monitoring dan evaluasi kegiatan swasembada pangan untuk Ketersediaan Pangan dalam upaya menjaga stabilitas harga pangan. Kegiatan tersebut dilaksanakan kamis, 3 April 2014. Selain itu hadir pula  Wali Nagari, para Penyuluh, THT, dan kelompok tani karya tani yang beranggotakan 17 orang. Dalam kunjungannya, Tim Sekretariat Wapres R.I meninjau langsung lahan sawah lingkup kegiatan m-P3MI yang telah menerapkan inovasi teknologi berupa penggunaan varietas unggul lokal Saganggam Panuah dengan sistem tanam Jajar Legowo 4:1 dilahan seluas ± 2,5 ha.
Berita lengkap ...
 
Kunjungan Kerja Kepala BBP2TP Ke Lokasi Kegiatan ICCTF Riau
Lain-lain
Thursday, 17 April 2014

Kepala Balai B esar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) sekaligus Plt. Kepala Balai Besar Sumberdaya Lahan Pertanian, Badan Litbang Pertanian Dr. Ir. Agung Hendriadi, M.Eng mengunjungi lokasi kegiatan ICCTF di Desa Lubuk Ogong Kecamatan Bandar Sei Kijang Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau, didampingi oleh Kepala Balai Penelitian Agroklimat dan Hidrologi (Balitklimat), Dr. Ir. Haris Syahbuddin, DEA dan Kepala BPTP Riau Prof. Dr. Ir. Masganti, M.S. serta Penanggung Jawab Kegiatan ICCTF BPTP Riau Nurhayati, SP, M.Si.

 

Kegiatan ICCTF yang dikunjungi ini merupakan kegiatan Fase II lanjutan dari tahun sebelumnya Fase I dengan luasan lahan demplot ICCTF seluas 5 ha (250 m x 200 m). Pada Fase II ini fokus  kegiatan adalah  (1) pemetaan dan rekomendasi pengelolaan lahan gambut, (2) strategi dan model pengelolaan lahan gambut, (3) peningkatan kapasitas institusi dan SDM, (4) Input kebijakan dan pedoman pengelolaan lahan gambut terdegradasi, dan (5) Publikasi dan jaringan (network) lahan gambut tingkat nasional dan internasional.

Berita lengkap ...
 
Pegawai Detasir, Siap Memperkuat LPTP Kepri
Info Aktual
Tuesday, 15 April 2014

 Loka Pengkajian Teknologi Kepulauan Riau merupakan salah satu UPT Balitbangtan termuda. LPTP Kepri dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian (SK Mentan) nomor 66/Kpts/OT.210/10/2011 pada tanggal 12 Oktober 2011.  Sebagai UPT baru, LPTP Kepri dihadapkan pada kendala terbatasnya jumlah SDM. Salah satu langkah yang dilakukan Balitbangtan adalah dengan menugaskan tenaga detasir peneliti dan penyuluh untuk memperkuat SDM LPTP Kepri.

Disampaikan Kepala BBP2TP, Dr. Agung Hendriadi, bahwa pelaksanaan detasir pegawai tersebut merupakan upaya meningkatkan koordinasi antara UK/UPT Balitbangtan. Selain itu, detasir juga merupakan wahana pengembangan diri SDM lingkup Balitbangtan, yang akhirnya dapat memberikan manfaat kepada Balitbangtan yang bermuarakan untuk kepentingan nasional. Ungkapan tersebut disampaikan  Ka. BBP2TP pada kunjungan kerja ke LPTP Kepri (14/4). Kunjungan kerja ini bersamaan dengan adanya mutasi dan detasir beberapa pegawai ke LPTP Kepri, serta pelaksanaan pembangunan kantor dan perlengkapan lain. Dalam kunjungan tersebut Kepala BBP2TP, didampingi Kepala BPTP Riau, Prof. Dr. Masganti, Kepala Bidang Program dan Evaluasi, BBP2TP, Dr. I Ketut Gede Mudiarta, dan Kepala Seksi Kerja Sama Pengkajian, BBP2TP, Drs. Mulyono Hadi.

Berita lengkap ...
 
Mengenal Pisang Goroho (Musa acuminafe sp)
Lain-lain
Tuesday, 15 April 2014
 Pisang adalah tanaman buah, sebagai sumber vitamin dan karbohidrat. Di Indonesia, pisang yang ditanam baik dalam skala rumah tangga ataupun perkebunan kecil, pemeliharaannya kurang intensif. Untuk itu perlu suatu cara pendekatan khusus, agar tanaman pisang dikenal manfaatnya oleh masyarakat.

Tanaman pisang banyak berkembang di indonesia dan memiliki keragaman jenis dan bentuknya serta kandungan manfaat didalamnya. dalam tulisan ini akan memperkenalkan tanaman pisang khas di Sulawesi Utara, dengan nama Pisang Goroho. Tanaman ini cukup terkenal bagi masyarakat Sulawesi Utara karena memiliki nilai manfaat yang tinggi. Penggunaan Pisang Goroho di masyarakat Sulawesi Utara sejak jaman Nenek Moyang dahulu. Pisang Goroho umumnya hanya tumbuh di samping-samping rumah, atau dikebun di pingiran kebun atau larikan tengah kebun.

Penggunaan pisang Goroho, umumnya di jadikan pisang goreng, pisang rebus. Kue pisang goroho biasanya disajikan pada saat akan minum kopi pagi, sore hari setelah melakukan pekerjaan. Selain untuk saji saat minum kopi, pisang goroho juga digunakan oleh orang-orang yang menderita diabetes.
Berita lengkap ...
 
Pertemuan Kelompok Wanita Tani, Kegiatan Pendampingan KRPL Kota Palembang
Lain-lain
Friday, 11 April 2014

 Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Pendampingan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Kota Palembang Tahun 2014, dengan penanggungjawab ibu Suri Emma, telah dilaksanakan pertemuan kelompok pada tanggal 20 Maret 2014.  Pertemuan ini dilaksanakan di dua tempat kegiatan yaitu Kelompok Wanita Tani (KWT) Cemara, Kelurahan Sukodadi Kecamatan Sukarami dan KWT Kelapa Indah, Kelurahan Sri Mulya Kecamatan Sematang Borang.  Adapun tujuan dilaksanakan pertemuan ini adalah melakukan evaluasi, memecahkan masalah-masalah yang dihadapi pada kegiatan tahun 2013 dan rencana tindak lanjut  kegiatan tahun 2014.

 

 

 

 

Berita lengkap ...
 
Sosialisasi Inovasi Teknologi Usaha tani Kakao, di Desa Lunto Timur, Sawahlunto
Info Aktual
Friday, 04 April 2014

Sosialisasi kegiatan Akselerasi Penerapan Inovasi Teknologi Usaha Tani Kakao untuk meningkatkan produktivitas dan mutu hasil kakao rakyat di Sumatera Barat, telah dilakukan Pada hari Kamis 27 Maret 2014 di Balai Desa Lunto Timur Kecamatan Lembah Segar Kota Sawahlunto. Kegiatan tersebut dihadiri Kabid. Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Dinas Pertanian Kehutanan Kota Sawahlunto (Irwandi,SST), 28 orang petani, dan 4 orang peneliti-penyuluh dari BPTP Sumbar.

Dalam sambutannya, Kabid. Penyuluhan dan Ketahanan Pangan mengajak agar petani bisa memanfaatkan kegiatan akselerasi penerapan inovasi teknologi usaha tani kakao untuk meningkatkan pengetahuan petani dalam budidaya dan penanganan pasca panen kakao untuk meningkatkan pendapatan, dan  kesejahteraan petani. Selain itu, Kepala Desa Lunto Timur menghimbau agar petani yang tergabung dalam kegiatan tersebut bersungguh-sungguh dalam mengikuti semua tahapan kegiatan sehingga bisa memetik manfaat dari kegiatan yang diberikan oleh petugas BPTP Sumbar.

Berita Selengkapnya..

 

 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Results 1 - 7 of 320

Jejak Pendapat
Bagaimana Pendapat anda tentang Website ini?
 

Image
 
GANDARIA
 
Highlight
orasi
featy
Serba Serbi KRPL
Keberhasilan FEATI
Alsintan
UPBS
Produk
Agenda Kegiatan
« < April 2014 > »
S M T W T F S
30 31 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 1 2 3
Jumlah Pengunjung
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday
mod_vvisit_counterYesterday
mod_vvisit_counterThis week
mod_vvisit_counterThis month
mod_vvisit_counterAll1

Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) ©2009
Jl. Tentara Pelajar No. 10 Bogor 16114 Indonesia
Telp. (0251) 8351277 Fax. (0251) 8350928 E-mail: bbp2tp@litbang.deptan.go.id