Rabu,3 September 2014
 

Link
Login Form





Lost Password?
No account yet? Register
PERATURAN
Petunjuk Pelaksanaan
 
Buku Teknologi
 
KUMPULAN MATERI PENAS KE 14 TAHUN 2014

 

KUMPULAN MATERI  TEMU TEKNOLOGI DAN DIALOG NASIONAL (KLIK DISINI)


Berita
Nuansa Pertanian Perkotaan Tampil pada Open House BPTP DKI Jakarta
Info Aktual
Wednesday, 27 August 2014
 Dalam rangka memperingati ulang tahun Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian yang ke-40 dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jakarta yang ke-20, BPTP Jakarta menyelenggarakan Open House dengan mengangkat tema “Pertanian Bioindustri di Perkotaan Mendukung Kemandirian dan Ketahanan Pangan”. Acara yang berlangsung selama dua hari, pada tanggal 26-27 Agustus 2014, dihadiri oleh Ibu Menteri Pertanian, Ibu Wakil Menteri Pertanian, petani/kelompok tani/gapoktan, pejabat dan staf lingkup PEMDA DKI Jakarta dan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, peneliti, petugas dan penyuluh pertanian, pelajar/mahasiswa dan masyarakat umum. 
 
Dalam laporannya pada pembukaan Open House, Kepala BPTP Jakarta, Ir. Etty Herawati M.Si menerangkan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk mendiseminasikan dan menginformasikan berbagai inovasi teknologi yang sudah dihasilkan Balitbangtan.
 
Kepala Badan Litbang Pertanian yang diwakili Kepala Pustaka, Ir. Gayatri K. Rana, M.Sc, dalam sambutannya mengemukakan bahwa penyelenggaraan Open House ini menjadi sarana untuk mempercepat penyebaran inovasi teknologi hasil pengkajian yang prospektif bagi program pengembangan pertanian, khususnya di DKI Jakarta serta dalam upaya membangun dan menjalin komunikasi yang efektif antara BPTP Jakarta, PEMDA, petani, petugas/penyuluh pertanian, masyarakat dan pelaku bisnis.

Berita lengkap ...
 
Seminar Nasional Inovasi Teknologi Pertanian dalam Rangka HUT Balitbangtan Ke 40 Tahun
Seminar/Lokakarya
Friday, 22 August 2014
Dalam rangka memperingati HUT Balitbangtan yang ke 40 tahun, Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) menyelenggarakan Seminar NasionalInovasi Teknologi SpesifikLokasiuntuk Wilayah Kalimantan bertempatdi BPTP Kalimantan Barat dengan tema“Agroinovasi Kreativitas Tiada Henti untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat dan Petani”.
Seminar Nasional di hadiri oleh para Peneliti,  Penyuluh, Akademisi, Birokrat, Pebisnis dan Petani yang mewakili 33 Proipinsi di Indonesia dengan jumlah peserta 250 orang.

Dalam sambutannya Bapak Kepala Balitbangtan Dr.Haryono memberikan arahan dan mengharapkan agar Indonesia saat ini sudah seharusnya memasuki fase innovation driven seperti negara – negara yang sudah maju misalnya Jepang, Indonesia saat ini baru mencapai fase efficiency driven sedangkan fase factor driven sudah lama kita tinggalkan. Untuk mensejahterakan masyarakat dan petani maka mau tidak mau kita  harus segera memulainya menujufase innovation driven dengan mengutamakan pembangunan infra struktur dan menciptakan inovasi – inovasi baru.
 
 
Open House BPTP Jateng
Info Aktual
Friday, 22 August 2014
 Acara puncak rangkaian Pekan Agroinovasi Teknologi Spesifik Lokasi di Jawa Tengah adalah Open House. Kegiatan berlangsung 2 hari, 14 dan 15 Agustus 2014, berlokasi di KP Bandongan, Magelang. Tema kali ini, "Peran Kebun Percobaan dalam Mendukung Bioindustri dan Keanekaragaman Pangan". Pembukaan dihadiri sekitar 300 orang, terdiri dari masyarakat sekitar, petani, penyuluh termasuk undangan SKPD dan instansi terkait. Di awali dengan peninjauan display keragaan inovasi terknologi, diantaranya, 1) MKRPL, berbagai tanaman yang sudah jarang dan langka dengan inovasi pengendalian hama, 2) Integrasi tanaman dan ternak, tanaman dipupuk dari limbah digester biogas kotoran sapi, display teknologi pakan sapi potong dan sapi perah dengan bahan lokal yang murah dan mudah didapat, serta Ayam KUB 3) tanaman padi varietas unggul Inpari 10, 20 dan 30 dengan sistem penanaman menggunakan indotransplanter Jarwo (jajar legowo) dan pengendalian hama tikus. Bupati Magelang yang diwakili Sekda Agung Trijaya, SH.,MSi., menyampaikan potensi yang ada di Kabupaten Magelang, termasuk yang di ada di KP Bandongan ini. Telah banyak teknologi yang sosialisasikan oleh BPTP Jateng di Magelang diantaranya, varietas unggul padi dan budidaya jagung, cabe, teknologi budidaya kambing, sapi dan itik. Dalam sambutan ini ada 3 hal yang ditekankan yakni 1. Peningkatan promosi teknologi, misal BPTP memprogramkan percontohan di berbagai kecamatan di wilayah Kabupaten Magelang 2. Penyajian data kendala penerapan inovasi teknologi yang belum tersaji dan 3. Agar bebas muatan politik dalam menyebarluaskan inovasi teknologi. Beliau sekaligus membuka seraca resmi open house kali ini.
 
Berita lengkap ...
 
Puncak Pekan Agroinovasi Litbang Pertanian di NTB
Info Aktual
Thursday, 21 August 2014
 Hasil penelitian dan pengkajian yang telah dikerjakan Badan Litbang Pertanian selama ini sudah sangat banyak, tetapi penerapan hasil litkaji tersebut belum seperti yang diharapkan karena banyak faktor, seperti masalah keterjangkauannya, fasilitas yang mendukung, dan sebagainya. Salah satu upaya pemasyarakatan hasil litkaji Badan Litbang Pertanian adalah dengan penyelenggaraan Pekan Agroinovasi, yang di Nusa Tenggara Barat (NTB) telah diinisiasi oleh BPTP NTB dan dilaksanakan selama 5 hari (19-23/08/2014). Kegiatan ini dilaksanakan di komplek BPTP NTB  dengan target pengunjung 1.000 orang.

Puncak Pekan Agroinovasi Litbang Pertanian di NTB dilaksanakan pada hari Rabu (20/08/2014) yang dibuka langsung oleh Gubernur NTB, dihadiri oleh Kapustaka mewakili Kepala Badan Litbang Kementerian Pertanian, Pejabat tingkat provinsi NTB, Kabupaten/Kota se NTB, Perguruan Tinggi, Organisasi Profesi, Swasta, petugas, penyuluh pertanian, dan para petani, serta masyarakat luas.

Dalam laporannya pada Puncak Pekan Agroinovasi ini, Kepala BPTP NTB, Dr.Ir. Dwi Praptomo S, MS, menjelaskan bahwa tujuan Pekan Agroinovasi adalah untuk menyebarluaskan hasil-hasil litkaji dan untuk menjaring umpan baliknya. Selanjutnya disampaikan bahwa kegiatan yang ada dalam Pekan Agroinovasi antara lain: open, house, pameran, workshop, gelar teknologi, temu lapang, dan bakti sosial.

Kepala Badan Litbang Pertanian yang diwakili Kapustaka, Ir. Gayatri K. Rana, M.Sc, dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan Pekan Agroinovasi ini merupakan agenda peringatan HUT Badan Litbang ke-40 dan HUT BPTP ke-20, yang diselenggarakan di tiap-tiap provinsi di Indonesia. Badan Litbang Pertanian berkewajiban menyebarluaskan hasil penelitian kepada masyarakat luas, misalnya dengan penerbitan buku “400 Teknologi Unggulan Badan Litbang Pertanian”, Open House, dan juga Pekan Agroinovasi seperti yang dilaksanakan oleh BPTP NTB. Dengan Pekan Agroinovasi, diharapkan dapat mempercepat diseminasi teknologi dan juga menjadi media interaksi bagi fihak-fihak yang terkait dengan pembangunan pertanian.

 
Workshop Pengelolaan Sumber Daya Genetik Provinsi NTB
Lain-lain
Thursday, 21 August 2014
 Keragaman Sumber Daya Genetik (SDG) lokal hendaknya dapat dikelola dengan baik agar  terhindar dari ancaman erosi genetik dan kepunahan, di lain fihak masyarakat dapat memperoleh manfaatnya, baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Untuk menjaga kelestarian SDG di NTB, maka pemerintah berupaya melestarikan dan mengembangkan SDG lokal dengan melakukan kerjasama dengan lembaga perguruan tinggi dan lembaga penelitian di NTB. Untuk mewujudkan hal itu, di NTB telah dibentuk Komda SDG, dengan harapan dapat memberikan dorongan kepada berbagai pihak di daerah untuk mengelola SDG dengan sebaik-baiknya, serta melakukan koordinasi dengan berbagai pihak yang berkepentingan dalam upaya pelestarian dan pemanfaatannya.

Pada Selasa (19/08/2014) BPTP NTB mengadakan kegiatan Workshop Sumber Daya Genetik Provinsi NTB di BPTP NTB dengan menghadirkan 5 orang pemateri  yaitu Ir. Nyoman Sudarma, MM dari Badan Lingkungan Hidup dan Penelitian NTB dengan materi “Pengelolaan lingkungan Hidup dan SDG Pronvinsi NTB”,  Dr. Kartanegara dari Lembaga Penelitian Universitas Mataram dengan materi “Pengelolaan SDG tanaman, ternak dan ikan”,  Ir. Syamsuddin dari BAPEDA NTB tentang “Kebijakan Daerah dalam Pelestarian Lingkungan”, Ir Muji Rahayu, M.Si dari BPTP NTB  tentang “Pengelolaan SDG tanaman di BPTP NTB” dan Ir. H. Sapirin MM, pakar Tanaman Herbal tentang “Pengeloaan SDG tanaman obat dan manfaatnya”. Hadir pada acara  tersebut dari Lembaga Penelitian Universitas Mataram, Universitas NW, DISHUT NTB,  BBI PPH NTB, DIPERTA NTB, DISNAKESWAN NTB, DISLUTKAN NTB, BKSDA NTB, TN GUNUNG RINJANI, BLHP NTB, BAPPEDA NTB, dan BPTP NTB.

Berita Selengkapnya
 
Tingginya Minat Kunjungan Siswa ke Lokasi Demonstrasi Teknologi
Lain-lain
Tuesday, 19 August 2014
Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian akan memasuki ulang tahun yang ke-40 pada 26 Agustus 2014. Dalam kurun waktu tersebut telah banyak inovasi teknologi yang dihasilkan. Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun tersebut, Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian melalui Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Barat, akan menyelenggarakan Pekan Nasional Inovasi Teknologi Pertanian Spesifik Lokasi Untuk Wilayah Kalimantan.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, siswa SD Negeri 09 dan siswa SD Al Ikhsan Siantan Hulu Pontianak Utara di dampingi guru pembimbing berkunjung ke lokasi pameran dan demonstrasi teknologi BPTP Kalbar (19/08/2014). Mereka sangat antusias mengunjungi Visitor plot, kaji terap inovasi teknologi, Model Rumah Pangan Lestari, Demonstrasi Teknologi : Bagan Warna Daun (BWD), Briket Arang Sekam, Mini Biogas, Aquaponik, Alat Mesin Pertanian, Perbanyakan Trichoderma, dan menanam sayuran di Polybag. Siswa/i sangat serius dan bersemangat  mempraktekkan dalam lomba cara menggunakan Bagan Warna Daun. Kunjungan ini juga untuk menunjang Kurikulum 2013 yang merupakan sebuah kurikulum yang mengutamakan pemahaman, skill, dan pendidikan berkarakter, siswa dituntut untuk paham atas materi, aktif dalam berdiskusi dan presentasi serta memiliki sopan santun disiplin yang tinggi.
 
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Results 1 - 7 of 353

Jejak Pendapat
Bagaimana Pendapat anda tentang Website ini?
 

Image
 
GANDARIA
 
Highlight
Serba Serbi KRPL
JPPTP
orasi
Alsintan
Produk
UPBS
Agenda Kegiatan
« < September 2014 > »
S M T W T F S
31 1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 1 2 3 4
Jumlah Pengunjung
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1198
mod_vvisit_counterYesterday4486
mod_vvisit_counterThis week10108
mod_vvisit_counterThis month10108
mod_vvisit_counterAll2199312

Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) ©2009
Jl. Tentara Pelajar No. 10 Bogor 16114 Indonesia
Telp. (0251) 8351277 Fax. (0251) 8350928 E-mail: bbp2tp@litbang.deptan.go.id